Senin, 21 Maret 2011

IMPIAN... (diambil dari Note Ibu Melita F. Massie)

(Posting ini diambil dari Note Ibu Melita F. Massie, seorang wanita sekaligus ibu yang saat ini sudah menjadi TOP 15 LEADER ASIA, TOP 4 LEADER INDONESIA).



Cuma mau bagi cerita aja..
Suatu hari.. duluu.. ngobrol bareng temen2..kebetulan lagi ada waktu senggang..Ngomongnya orang santai pasti maunya yg indah-indah..
Cerita-cerita lucu, mulai dari kerjaan sampe pengalaman sehari-hari..yg bisa bikin ketawa sampe sakit perut ato cuma mesem pahit..
Sampailah bicara tentang impian... nongol topiknya juga gak sengaja, gara-gara cerita tentang anak dan cita-cita orang tua..

Salah seorang temenku bilang dia suatu saat pengen punya rumah sendiri..gak ngontrak lagi... capek nabungnya ntar ujung tahun setor ke pemilik rumah kontrak..( yg laen ngangguk setuju..) ada juga yg komentar " "Hlo, mau beli rumah? mahal hlo... hati-hati kalo beli rumah jangan sampe sertifikatnya palsu, pake pinjaman bank, bunganya tinggi"..bla..bla..bla..
Akibatnya..karena dapet nasehat dari yg bukan ahlinyaaa .. temen yg belum punya rumah tadi, jadi pada mikir lagi : apa iya aku bisa kebeli rumah ? (Dia jadi ragu, apa dia mampu untuk mewujudkan impiannya membeli rumah)

Aku ikutan nimbrung.. "aku sih pengen cari kerjaan baru..bosen di kantor sekarang, pulang malam, kasihan ma anak, dijaga ama pembantu mulu, trus gaji gw udah gak cukup untuk sekolahin anak di SD favorit.." ( Boleh donk punya impian sekolahin anak disekolah yang bagus..)

Salah seorang temen sebut aja A langsung nyamber, " mau kerja apa lagiii...laki elo sudah kerja, apa gak cukup tuh duit?"..
"Kalo makan aja cukup duonk.. tapi ada cita-cita gw yg belon tercapai... " kataku gak mau kalah..
"Apaan? yg mau kerja trus bisa jalan-jalan keluar negeri ituuu???..jadi tour guide ajaaaa..." Usul A dengan gaya becanda...( mana bisa jadi tour guide, wong bahasa Inggris aja belepetan..)

"Ya sudaaah, gimana kalo jadi TKI ajaaa..., sambil kerja bisa jalan-jalan ke luar negeri.." temenku si B yg tadi hanya jadi penonton ikutan bersuara.. Semua ketawa.. wahh.. kok ga ada yg support ato kasih ide bagus yg bisa aku jalanin?
Nah..salah seorang nambahin komentar lagi " Halah.. impian kok jauh-jauh... ntar gak tercapai bisa strip hloo.." Katanya sambil meletakkan telunjuk di keningya..komentarnya itu bikin ketawa teman-teman yg lain jadi tambah riuh..
"Bener kan? ..kamu sekolah di kota kecil, di peta dunia aja kota ini gak terdata..impian kok tinggi amat ya friend?.. " Katanya sambil meletakkan tangannya ke keningku dengan gaya seolah-olah aku demam dan mengigau..

Aku pikir.. pantaslah banyak diantara kita tidak berani mewujudkan impiannya.. karena sering dipatahkan ditengah jalan oleh orang-orang dekat yg harusnya memberi semangat agar kita bisa meraih impian, bukan malah menjatuhkan...

Sekarang saat aku sudah bisa mewujudkan impianku berjalan-jalan keluar negeri, komentarnya lain lagi..
"Halooo... boss! sibuk kerja muluu... jangan terlalu keras kalo kerjaaa... ntar bisa sakit lohh..cepet mati" (tuh.. bukan malah doain sehat2 selalu.. eh malah bikin takut ...)

Atau..
"Aku kasian liat kamu ni.. kerja terus..apa gak kasihan dengan anak-anakmu?"
(Waduuhh.. anak-anakku bahagia karena aku kerja di rumah..yg dikasihani anaknya sapa yak? dia yg ngantor ninggalin anak dari pagi ampe sore?..anak sapa yg kemaren jatuh gara-gara si mbaknya asik ber hape ria?... )

Atau..
"Yahhh.. kamu kan bisa jadi sukses karena sebagai orang yg pembuka lahan pertama.. nasibmu betul-betul beruntung.." (Oh. jadi sim salabim bisa langsung sukses neeh?.. )

Atau..
"Kamu bisa sukses karena beda dengan kami... kamu ga ada kerja, cuma oriflame aja..." (hlooo, udah punya bisnis lumayan berhasil kok masih dibilang gada kerjaaa?? aneh ni ibu...? )

Jadi, sepertinya emang sudah lumrah dalam kehidupan kita sehari-hari banyaklah orang yg cendrung bicara negatif dibanding yg positif. Tergantung kita mau mengabaikannya atau menerimanya dan menjadi bagian dari mereka..

Saat kita memulai sesuatu untuk meraih impian kita juga banyak bertemu dengan orang-orang yg berkomentar sesuka hatinya..padahal saat itu sebenarnya kita sangat butuh dukungan agar mental kita tetap kuat dan terus berjalan..
Ini contohnya..
"Oh, bisnis apaan nih? MLM yaaa... ah, bisnis ginian ga akan tahan lama deeeh.. emang lagi musim aja.."

"Bisnis ga jelas tuuuh.. cari kerjaan laen napa ? ... gengsi dee.. malu tau, apa kata dunia? jadi sales kosmetik? No way...! "

Salah seorang iparku pernah berkomentar ttg aku dan bisnisku di Oriflame, saat itu dia lagi ngumpul dengan gerombolannya sambil ngopi dan ngerokok di teras.. ( dia gak tau bahwa aku sudah pulang kantor dan lagi dikamar istirahat..kebetulan jendela kamar terbuka.. jadi kata-katanya jelas terdengar..oh ya, dia pegawai bank..)
"Hlaaa... iparku itu cuma ngandelin pinter ngomong aja bisa keluar negeri..." katanya dengan bersemangat.. disambut dengan suara ketawa teman-temannya..

Saat itu aku baru pulang Oriflame Gold Conference pertamaku di New Zealand bersama suami..
Aku denger komentar iparku cuma senyum sendiri... dia merasa sebagai pegawai bank lebih prestise ketimbang jadi pengusaha sepertiku..Wah, dia belum liat All New CR-V ku dari Oriflame yak.. kalo dia liat mungkin komentarnya bisa gini ..." Walah... dikasih gratisan gitu ama Oriflame aja bangga...."..Whakakakaka...

Salah seorang leaderku yg mahasiswa tapi sudah bisa bayar kuliah sendiri, bisa beli motor, beli rumah, berpenghasilan diatas 4 juta perbulan di usia 21 tahun, semasa kuliah juga sering diejekin teman-temannya bila dia cerita ttg impiannya...(saat ini dia sudah lulus ujian skripsi dengan nilai A+..buka kantor sendiri di rumah)..Dia maju terus.. anjing menggonggong, khafilah berlalu.. alias cuek bebek..

Ada juga anggota grupku yg datang padaku untuk sharing, mengajukan pertanyaan : " Mba, aku ingin berhasil jalanin bisnis seperti Mba Mel..apa aku bisa ya? "
Aku balik bertanya : " Menurutmu? "
Dia terdiam.. "Kenapa kamu bertanya kepada orang lain ttg kesuksesanmu?.." tanyaku...
"Iya, karena orang tuaku bilang aku tidak berbakat bisnis.." katanya..sambil menunduk. bahunya turun.
"Kamu percaya?".. tanyaku.. dia menggelengkan kepalanya dengan pelan..
"Apa impianmu? ".. tanyaku lagi, sambil mengambil pena dan kertas.. dia diam tidak bergerak..
"Kenapa? kamu malu? ... ya sudah.. tulislah disini.." kataku sambil mengangsurkan kertas dan pena padanya..
Dia mengambil pena dan mulai menulis dengan pelan dan ragu-ragu.. tapi tak lama mulai lancar..
Wuihh.. 1, 2, 3, 4, 5, 6 ... ... banyak juga impiannya..
"Itu impianmu?" Tanyaku gembira..
" Ya Mba mel...tapi jangan diejek yaaa.."..jawabnya tersipu malu.. hmm, kok dia mikir aku akan mengejeknya?
"Oh gak.." jawabku cepat.. sambil membaca urutan-urutan impiannya.. wah, ternyata dia perempuan yg bersemangat dan punya impian tinggi..
"Impianmu luar biasa... bagus banget.. kok kamu malu?... kamu merasa tidak yakin mungkin karena kamu terlalu banyak mendengar orang2 yg bilang bhw kamu gak bisa kaliii..." kataku mencoba menebak..
Aku liat matanya mulai blink-blink.. ada harapan bahwa aku bisa percaya kata-katanya...
"Mba.. apa aku bisa sukses? " pertanyaan yg sama dia ulang lageee...

"Aku bukan dewa, jadi aku tidak tau.." jawabku jujur.".karena yg menentukan kesuksesan itu bukan dari aku.. tapi dari kamu sendiriii..." lanjutku..sambil melingkari point poin impiannya..
"Yg patut kamu ingat juga adalah.. bila kamu yakin bisa, percaya, dan mau berusaha...maka segalanya akan jadi mungkin untuk diwujudkan.." Kataku, bukan menasehati.. hanya cerita apa yg pernah aku alami..
"Berkumpulah dengan teman-teman yg berfikiran positif..mereka pasti akan ikut mendukung kamu untuk meraih impian kamu.., kedengarannya klise, tapi itu terbukti, aku sudah pernah mencobanya"..kataku. Aku mencoba memberi contoh yg bisa dia buktikan dengan jaminanku..
Dan itu terpulang kepadanya lagi... mau ikuti.. atau tidak.
Sejak itu.. dia sering sharing denganku dan teman-teman yg aktif mendukung dia untuk mewujudkan impiannya..

Yang pasti, aku yakin setiap orang pasti punya impian.. ada yg tersimpan sebagai bunga tidur, ada yg hilang dimakan waktu, ada yg mewujudkannya..

Saat mencapai impian seringkali banyak tantangan.. yg membuat kita berfikir "aku memang tidak pantas untuk ini..,aku memang tidak mampu..belum waktunya..de el el..belum lagi ditambah bumbu penyedap negatif orang-orang yg tidak pro pada impian-impian kita, sering bilangin bhw kita tidak bisa.. semua terasa semakin berat dan semakin sulit, juga semakin gelap..akhirnya banyak kesempatan emas terlepas..

Tapi kita yg harus berusaha untuk selalu menumbuhkan keyakinan "bisa"
Kita yg harus mau memotivasi diri kita, jangan berharap orang lain akan melakukan yg terbaik untuk kita..
Genggamlah erat apa yg menjadi IMPIAN-IMPIAN mu..
Jangan biarin orang lain mengambilnya..
Jangan biarin orang lain nentuin impianmu..
Jangan biarin orang lain ngebuangnya..
Jangan biarin orang lain ngeremehinnya..
Jangan biarin orang lain menghancurkannya..
Impianmu adalah dirimu..
Jangan pernah ragu untuk meraihnya..
Impian yg jadi kenyataan adalah HADIAH yg terbaik dari hidupmu..
So..
Keep moving forward!
Make all your dreams come true..


(Jambi,6 Oktober 2009 : 02:05 WIB : saat menunggu suamiku pulang dari Pariaman, setelah gempa 7,6 SR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar